Email itu apa .?

11 11 2007

“Email itu apa sih.?” Ada seorang teman yang baru mengenal dunia komputer bertanya kepada saya. Dan itu membuat saya berpikir untuk membagi sedikit pengetahuan saya, yang mungkin berguna bagi orang yang baru memulai mengenal dunia komputer dan internet.

Buat sebagian masyarakat dunia (khususnya Indonesia) mungkin sudah tau email itu, tapi masih banyak juga yang belum tahu dan belum memanfaatkan email sebagai alternatif berkirim-kirim surat panjang atau pendek alternatif.

EMAIL : ElekronikMAIL, biasa digunakan sebagai sarana pengirimin pesan/surat panjang ataupun pendek beserta dengan attachment (lampiran) melalui komputer yang melewati jaringan internet secara F R E E atau berbayar yang bisa diterima di mana saja dibelahan bumi ini selama media penerima (komputer, PDA, SmartPhone, dll) terhubung dengan koneksi internet.

More Advance ;

Untuk berkomunikasi antar email (server) menggunanakan protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) , biasanya jalan di port 25. Dengan protokol itu semua server saling “berbicara” menunaikan tugas menyampaikan dan menerima email kepada yang “berhak”.

Setelah server menerima, maka penerima email dapat mengakses email yang harusnya diterima. Untuk mengakses email ada beberapa protokol yang biasa dipakai yaitu Web (WWW), POP, IMAP, MAPI. Masing-masing mempunyai punya spesifikasi sendiri.

1. WebMail adalah mengakses email dengan menggunakan protokol www, yaitu mengakses email dengan menggunakan web browser seperti Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dll. Email tetap berada pada server dan bisa diakses darimana saja dengan menggunakan web browser. Contoh webmail : Yahoo!, Gmail, dll.

2. POP = Post Office protocol, biasanya berjalan pada port 110. Saat diakses pengguna akan mendownload(unduh) semua email yang ada pada server kedalam komputer pengguna, sehingga email diserver akan pindah ke komputer pengguna dengan menggunakan mail client software seperti Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbirds, dll (Semua mail client mendukung protokol ini).

3. IMAP = Internet Message Access Protocol, biasanya berjalan pada port 143. Saat diakses email tetap ada diserver, dan tidak didownload ke dalam komputer tujuan. Keuntungan menggunakan IMAP daripada POP, adalah email tetap berada diserver, tidak akan didownload ke komputer tujuan, sehingga saat mengkakses email dari komputer yang berbeda , email ada tidak akan hilang dari server seperti menggunakan POP.

4. MAPI = Messaging Aplication Programming Interface, Identik dengan IMAP, hanya ini adalah produk Microsoft, server email harus menggunakan Microsoft Exchange, dan hanya bisa di akses dengan Microsoft Outlook sebagai mail client.

Link terkait :

Tutorial Email di Webmaster Tutorial

Selamat belajar,

CMIIW ….


Actions

Information

One response

29 07 2008
arya

bang admin…..saya minta iji copy artikelnya ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: